6 Fungsi Pelumas Untuk Mesin Kendaraan Anda

Kenapa kendaraan harus diganti pelumasnya secara rutin? Tidakkah Anda penasaran apa sebenarnya fungsi pelumas untuk mesin kendaraan ini sehingga sangat penting keberadaannya? Tentunya para pecinta otomotif wajib tahu supaya tidak menyepelekannya.

Seperti kita ketahui, pelumas atau oli ini wajib untuk digunakan secara rutin terhadap segala sesuatu yang memiliki engine. Termasuk salah satunya adalah kendaraan. Ada banyak juga varian oli yang bisa ditemukan di pasaran saat ini. Lantas apa saja fungsinya? Simak paparannya di bawah ini.

Melumasi Komponen

Fungsi utamanya adalah melumasi komponen pada engine. Tujuannya adalah untuk meminimalisir gesekan antar komponen di dalamnya. Penggunaan oli dengan kualitas terbaik juga terbukti ampuh untuk memaksimalkan fungsi dari engine itu sendiri.

Melapisi Komponen

Pelumas juga berfungsi untuk melapisi permukaan komponen engine yang tidak terlihat. Pemilihan produk bagus akan meningkatkan daya tahan dari komponen itu sendiri dan menjauhkannya dari berbagai jenis kerusakan. Selain melapisi, keberadaannya juga menutupi celah-celah kecil yang ada pada engine.

Mendinginkan Komponen

Oli atau pelumas juga memiliki manfaat begitu besar dalam proses cooling engine. Jadi keberadaannya memang bertujuan untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Kita bisa menganggap pelumas inilah yang mendinginkan suhu dari engine. Karena bersifat fluid dan meredam panas yang muncul.

Membersihkan Komponen

Bagaimanapun juga gesekan dan aus pada mesin memang tidak bisa dihindari. Ini memang bagian dari cara kerja engine pad kendaraan. Gesekan ini kemudian menghasilkan gram hasil bakar. Dengan keberadaan oli, kotoran akan masuk ke proses sirkulasi dan tertampung pada filter. Mesin jadi tetap bersih.

Membuat Suara Lebih Halus

Keberadaan oli di dalam mesin juga berfungsi sebagai peredam. Karena memiliki tingkat kekentalan tinggi, suara yang muncul akibat gesekan bisa diminimalisir. Hal ini membuat suara engine terdengar sangat halus tanpa bunyi apapun. Padahal di dalamnya ada banyak part bekerja.

Melindungi dari Korosi

Fungsi terakhir yang bisa Anda dapatkan adalah melindungi engine dari korosi. Seperti kita ketahui, mesin terbuat dari bahan logam dan sangat rentan untuk terdampak elektrokimia. Secara mutlak, keberadaan oli bisa meminimalisir hal tersebut.

Dengan memahami fungsi pelumas untuk mesin kendaraan di atas, kini Anda tahu seberapa pentingnya keberadaan oli untuk performa kendaraan. Karena itu jangan pernah menyepelekan keberadaannya karena bisa berdampak besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *