Tidak ada orang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting memiliki jaminan ataupun perlindungan, baik pada barang maupun kesehatan. Salah satu caranya adalah memiliki asuransi seperti https://www.roojai.co.id/. Sayangnya, kesadaran masyarakat masih cukup rendah karena dianggap sia-sia dan hanya memperbesar pengeluaran bulanan saja kemudian menunda-nunda dalam memilikinya.

Fungsi utama asuransi adalah melindungi ataupun menjadi jaminan apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kehilangan. Sebagai contoh, jika perawatan rumah sakit memakan biaya Rp30.000.000,00, dengan adanya perlindungan ini, seseorang mungkin hanya akan membayar 40% hingga 60% saja. Tentu saja hal ini akan sangat membantu keuangan apabila benar-benar terjadi.

Risiko Menunda Asuransi Sejak Dini

Hasil tidak akan maksimal

Proteksi ini memang cukup berbeda dibandingkan investasi. Sebagai contoh, jika Anda rutin berinvestasi sebesar Rp1.000.000,00 per bulan di instrumen tertentu seperti saham ataupun reksa dana, kemudian tiba-tiba membutuhkan biaya perawatan cukup tinggi, pasti investasi tersebut akan langsung terkuras secara signifikan. Hal tersebut karena biaya pengobatan saat ini sangat tinggi.

Lain halnya jika memiliki asuransi. Apabila terjadi hal serupa dan mengharuskan melakukan perawatan di rumah sakit, maka agensi proteksi lah yang akan membantu dalam pembiayaan tersebut. Artinya, penting untuk memiliki keduanya, investasi guna keperluan di masa depan, sementara asuransi sebagai proteksi apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan. Jika ditunda sejak dini, maka manfaat tersebut tidak akan terasa optimal.

Premi semakin tinggi seiring pertambahan usia

Faktor usia sepertinya menjadi salah satu bahan pertimbangan mengenai besaran premi bulanan. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Di usia muda biasanya risiko mengalami masalah kesehatan cenderung lebih kecil sehingga premi pun sedikit lebih rendah. Berbeda lagi pada orang berusia 40 tahun ke atas, risiko kesehatan akan lebih tinggi dan membuat premi menyesuaikannya.

Oleh karena itu, beberapa lembaga sudah menyerukan untuk mulai memiliki asuransi sejak usia muda. Faktor inilah yang menjadi salah satu landasannya. Selain itu, memulai lebih awal akan mendapatkan jaminan proteksi lebih baik di hari tua nanti.

Kesulitan mengelola keuangan

Setelah menerima penghasilan bulanan, biasnya orang akan mengalokasikan hanya ke dua sektor, yakni kebutuhan bulanan dan keinginan atau kebutuhan tersier. Sayangnya, pembagian seperti itu tidak cukup sebagai cara mengelola keuangan. Anda juga memerlukan dana darurat serta dana proteksi. Tentu saja dibutuhkan keterampilan keuangan dalam hal tersebut.

Memiliki asuransi bisa menjadi salah satu cara melatih manajemen keuangan yang baik. Anda dituntut untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan serta membayar premi bulanan tanpa harus berutang alias murni menggunakan pendapatan bulanan. Pada masa awal-awal pasti akan sedikit mengalami kesulitan, terlebih lagi jika masih terbawa kebiasaan sering belanja hal-hal tidak terlalu penting.

Tips Memilih Asuransi untuk Pemula

Setelah menyadari risiko di atas, mungkin Anda sudah mulai sadar dan ingin segera mulai memilikinya. Namun, jika masih pemula tentu saja cukup sulit menentukan mana produk paling baik. Oleh karena itu, silakan ikuti beberapa tips berikut ini.

Pilih produk sesuai kebutuhan

Untuk pemula, sebaiknya pilih produk sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, apabila ingin mendapatkan perlindungan kesehatan, pilihlah asuransi kesehatan atau hospital cash plan. Jika memiliki pekerjaan dengan risiko kecelakaan tinggi, maka pilihlah proteksi kecelakaan diri. Selain tepat sasaran, cara ini juga akan membuat premi bulanan menjadi lebih efektif.

Biasanya pihak agensi akan memberikan penjelasan terkait produk-produk yang ditawarkan. Silakan pahami secara detail mulai dari proses pendaftaran, besaran premi bulanan, ketentuan-ketentuan, hingga cara melakukan klaim.

Beli sejak dini

Terkait pembahasan di bagian sebelumnya, manfaat asuransi akan lebih terasa ketika Anda memulainya sedini mungkin. Jadi, jangan pernah menunda-nunda dan malah akan berakhir pada penyesalan. Setiap orang tidak tahu apa akan terjadi di esok hari. Bisa jadi, sebelum membeli seseorang malah mengalami kecelakaan sehingga harus menanggung biaya pengobatan secara mandiri. Padalah, jika sudah mendaftar sebelumnya biaya tersebut dapat terbantu.

Itulah tadi beberapa risiko apabila menunda asuransi sejak dini. Mengenai agensi penyedia layanan yang terpercaya, Anda bisa memilih Roojai karena telah terbukti kualitasnya. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.roojai.co.id/.