Kesalahan Dalam Berbisnis yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Memulai bisnis tentu membutuhkan persiapan matang. Jika tidak, bisnis tersebut sulit untuk menghadapi persaingan begitu ketat. Apalagi kalau Anda melakukan kesalahan dalam berbisnis yang sering dilakukan oleh para pemula. Saat ini ada banyak sekali orang terjun menjalankan usaha. Namun tidak semua meraih keberhasilan di dalam usaha tersebut.

Bahkan ada beberapa diantaranya malah mengalami kerugian besar akibat tidak menjalankan usaha dengan baik. Kesalahannya tentu berasal dari persiapan tidak matang ini. Agar Anda tidak mengalami kondisi seperti ini, hindari beberapa kesalahan berbisnis yang biasa di lakukan pemula di bawah ini.

Tanpa Perencanaan Sama Sekali

Ketika sedang merintis usaha apapun, perencanaan adalah hal mutlak. Ini penting untuk dipertimbangkan sejak awal merintis. Dengan pertimbangan baik, segala potensi kerugian bisa diperkirakan sejak awal. tentunya diterapkan juga langkah-langkah preventif untuk meminimalisir resiko tersebut. Merintis tanpa persiapan seperti ini tentu saja terlalu beresiko.

Terlalu Mengandalkan Keberuntungan

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh para pemula adalah terlalu mengandalkan keberuntungan. Tak bisa disangkal, keberuntungan adalah hal penting di dalam apapun. Jadi tak hanya dalam berbisnis saja. Tapi perencanaan jauh lebih penting karena bisnis membutuhkan perhitungan matang, bukan sekedar menunggu hasil.

Manajemen keuangan buruk

Hal lain yang menjadi kesalahan pemula dalam merintis usaha adalah manajemen keuangan buruk. Semua pebisnis pasti setuju kalau menajemen keuangan merupakan salah satu sarana dalam mencapai kesuksesan. Ketika keuangan perusahaan tak dikelola dengan baik, bukannya maju perusahaan justru malah semakin terpuruk.

Tidak memiliki relasi

Kurangnya relasi juga menjadi salah satu alasan kenapa ada banyak sekali pengusaha muda gulung tikar. Sudah buka rahasia lagi kalau relasi ini berperan besar dalam pengembangan usaha. Untuk menjaganya tetap stabil, persiapkan relasi sebanyak mungkin ketika awal merintis.

Salah Memilih Partner atau Pegawai

Kesalahan lain yang seringkali terjadi adalah salah memilih partner. Ketika partner bisnis Anda tidak berkualitas, maka modal berapapun tak akan ada artinya. Dalam kondisi lain, memilih pegawai tidak berkualitas juga menjadi salah satu alasan kenapa usaha tidak berkembang.

Jika Anda ingin membangun usaha yang benar-benar kokoh, hindari beberapa kesalahan dalam berbisnis yang sering dilakukan oleh pemula tersebut. Melakukannya akan menghindarkan Anda dari resiko bangkrut atau kerugian dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *