Mengenal Bagian Kruk As Pada Mobil

Ada banyak sekali part yang terdapat pada mobil. Salah satunya adalah bagian kruk as. Pasti sering mendengar nama satu ini bukan? Kruk as seringkali juga disebut dengan nama poros engkol. Ini merupakan komponen dengan peranan penting pada kendaraan.

Ada juga pakar otomotif yang menyebutnya dengan nama crankshaft. Fungsi utama dari part tersebut adalah sebagai poros utama dari pergerakan piston mobil Anda. Gerakan ini kemudian dilanjutkan pada transmisi kendaraan.

5 Bagian Kruk As Pada Mobil

Kruk as sendiri memiliki beberapa part di dalamnya. tentu saja setiap part memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Jika Anda ingin mengenal otomotif lebih lanjut, sangat penting untuk mengenal apa saja bagian yang ada di dalamnya. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

Crank Pin

Part pertama yang wajib Anda kenali adalah crank pin. Ini merupakan poros engkol yang memiliki hubungan langsung dengan big end. Big End sendiri adalah lubang besar yang langsung terhubung pada piston mesin kendaraan. Pada crank pin ada beberapa lubang oli untuk melumasi bidang gesek di dalamnya.

Crank Journal

Crank journal adalah part lain yang ada pada kruk as.  Bagian satu ini memiliki hubungan langsung dengan blok silinder pada kendaraan. Umumnya part tersebut dipasang pada main bearing dan berfungsi sebagai penopang utama. Inilah alasan kenapa poros engkol bisa berputar sesuai poros jurnalnya sendiri-sendiri.

Crank Arm / Arm

Bagian kruk as selanjutnya adalah crank arm. Fungsi utama dari part tersebut adalah sebagai penghubung antara crank pin dengan crank journal. Arm ini juga langsung terhubung dengan flywheel atau orang biasa menyebutnya roda gila.

Balancer Weight

Balancer weight menjadi bagian lain yang tidak kalah penting. Fungsinya adalah sebagai balancer atau penjaga keseimbangan dari perputaran kruk as itu sendiri ketika sedang beroperasi. Pada setiap ujung balancer terdapat lubang yang memungkinkan poros engkol tetap seimbang.

Saluran Oli

bagian terakhir pada kruk as adalah saluran oli. Fungsinya tentu saja untuk menyalurkan pelumas agar masuk ke semua bagian poros engkol secara merata.  Saluran oli ini memiliki hubungan langsung dengan semua part kruk as yang sudah kami jelaskan di atas.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi atau hendak mendalami otomotif, mendalami bagian kruk as ini menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Kenali semua bagiannya karena setiap bagian memiliki peranan besar untuk kelancaran mesin kendaraan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *